Menjadi Orang Yang Berpengaruh

Manusia merupakan mahluk yang tidak akan lepas dari hubungan sosial bermasyarakat. Hubungan bermasyarakat dibutuhkan kemampuan untuk berinteraksi antar sesama. Interaksi antar sesama diharapkan dapat melakukan perannya sebagai mahluk sosial. Namun, kemampuan seseorang dalam melakukan perannya terkadang terhambat karena tidak memiliki pengaruh terhadap lingkungannya. Oleh karena itu, melalui artikel ini saya akan membahas beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi orang yang berpengaruh:

1. Integritas

Integritas sangat dibutuhkan bagi setiap orang agar memiliki pengaruh terhadap orang lain. Integritas merupakan sifat atau keadaan yang menunjukkan satu kesatuan yang utuh, sehingga dapat memiliki potensi yang memancarkan kewibawaannya. Satu kesatuan dapat diartikan sebagai konsistensi antara perkataan dan perbuatan.

2.  Memelihara Orang Lain

Maksud dari memelihara orang lain disini adalah menunjukkan perhatian yang tulus kepada orang lain. Tujuannya untuk menumbuhkan kemandirian bukan menyebabkan ketergantungan. Memperhatikan orang lain harapannya dapat memberikan rasa nyaman agar dampaknya positif.

3. Percaya Kepada Orang Lain

Menaruh kepercayaan kepada orang lain merupakan suatu hal penting dalam membangun sebuah kesuksesan. Kepercayaan kepada orang lain dapat meningkatkan kualitas komunikasi antar pribadi seseorang. Hal ini dikarenakan sebuah komunikasi tidak akan berjalan dengan baik jika dari kedua belah pihak tidak saling percaya. Kepercayaan sangat dibutuhkan dalam membangun hubungan kerjasama antar individu, kelompok masyarakat maupun hubungan kerja dalam sebuah bisnis. Walaupun percaya kepada orang lain bukan satu hal yang mudah. Namun, dengan percaya kepada orang lain kita akan mendapatkan nilai lebih dari orang yang kita percaya jika apa yang dikatakan benar.

4. Mendengarkan Orang Lain

Manjadi seorang pendengar berarti kita menunjukkan perhatian kepada lawan bicara kita. Lawan bicara kita akan merasa dihormati jika kita mendengarkan apa yang mereka bicarakan. Selain itu mendengarkan juga dapat meningkatkan pengetahuan jika apa yang dibicarakan mengandung sebuah informasi. Pahami apa yang dibicarakan agar merasa nyaman dan tetap fokus. Jangan lupa untuk menanyakan jika ada hal-hal yang perlu dipertanyakan. Dengan begitu lawan bicara merasa benar-benar dihargai.

5. Memahami Orang Lain

Memahami orang lain pada dasarnya merupakan belajar agar lebih mengerti apa yang mereka rasakan. Dengan memahami orang lain, kita dapat meningkatkan kebijaksanaan dan sekaligus mengendalikan emosi kita. Ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk memahaminorang lain, yaitu kita tahu bahwa semua orang ingin dipentingkan, setiap orang membutuhkan orang lain dan semua orang merasa menjadi orang penting jika ada orang lain yang memahami dan mempercayainya.

6. Mengembangkan Orang Lain

Menjadi orang yang berpengaruh dan menyebabkan dampak positif terhadap orang lain harus berjalan bersama-sama dan benar-benar terlibat dalam kehidupan mereka. Harus mampu mengarahkan dan menumbuhkan potensi mereka agar berhasil. Mulailah dari melihat potensi orang lain dan mendorongnya untuk mengembangkan potensinya melalui visinya. Pengaruh kita akan sangat kuat dan diingat apabila kita mampu mengembangkan segala hal yang ada pada dirinya dan mampu meningkatkan kualitas hidupnya menjadi lebih bermanfaat.

7. Menavigasi Orang Lain

Menavigasi orang lain lebih mengarah pada memberikan arahan dan pertolongan pada orang tersebut. Seorang navigator harus amampu mempertimbangkan potensi yang berkaitan dengan arah dan tujuan hidup mereka. Dimulai dengan cara menanamkan pikiran positif agar tidak mudah kehilangan semangat. Ajari cara memecahkan masalah dan menanamkan kepercayaan dalam dirinya. Jadilah seorang navigator yang baik dengan cara menjadikan dia sebagai sahabat dalam keadaan apapun, karena meskipun dia sudah mendapatkan bekal dari kita ia tidak dapat dilepaskan begitu saja. Itulkapiah yang akan membuat kita menjadi orang yang berpengaruh.

8. Hubungan Dengan Orang Lain

Jika seseorang ingin menjalin hubungan dengan orang  lain atas tujuan yang sama maka kita harus mengetahui segala sesuatu tentangnya dan mengetahui arah kemana tujuannya. Kualitas suatu hubungan dapat menentukan seseorang di dalam lingkungan mana ia berada. Menjalin hubngan dengan orang lain berarti mengenal dan memahami orang tersebut lebih jauh agar dapat terbentuk empati yang kemudian menyebabkan terjadinya timbal balik.

9. Memperlengkapi Orang Lain

Bagian ini dapat diartikan mengubah kehidupan orang lain dengan cara yang saling menguntungkan. Seperti memberikan informasi, akan tetapi kita tidak kehilangan apa pun. Sementara itu apa telah kita lakukan mampu meningkatkan kemampuan orang lain tanpa menurunkan  kemampuan kita sendiri.

10. Menciptakan Orang Berpengaruh Lainnya

Ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi setelah kita berhasil menciptakan orang berpengaruh, yaitu:

a. Menciptakan pemimpin akan menaikkan pengaruh kita ke tingkat yang baru

b. Menciptakan pemimpin menaikkan potensi pribadi pemimpin yang baru

c. Menciptakan pemimpin melipatgandakan sumber daya

d. Mempengaruhi pemimpin memastikan masa depan dengan positif untuk orang lain.

Mempengaruhi satu orang dan menjadikannya orang yang berpengaruh  sarta dapat mempengaruhi orang lain akan semakin meningkatkan kita ke level yang lebih tinggi. Gunakanlah prinsip-prinsip yang baru yang tidak hanya mampu mempengaruhi segelintir orang. Semakin banyak orang yang dapat kita pengaruhi, maka akan semakin banyak pula orang yang selalu mengingat jasa maupun pengaruh positif yang telah kita ciptakan.

 

Artikel ini saya kutip dari buku: ” Jadikan Dirimu Orang Yang Tak Terlupakan” karya Widarko Bangkit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s